Cara bermain, menyusun, dan arti label/lambang UNO Stacko bagi pemula

Hallo! Beberapa dari kalian pasti sudah tahu salah satu permainan bernama UNO Stacko ini. 



Ya! UNO Stacko. Permainan ini merupakan permainan yang cukup mengasah kemampuan otak kita berpikir bagaimana cara agar bisa menarik setiap balok tanpa membuat menara roboh. Kita tentu saja harus bisa memperkirakan, apakah balok yang kita tarik tersebut akan membuat roboh menara atau tidak. saya rasa tidak perlu banyak basa basi ya hehehe. Mari kita mulai dengan menyusunnya menjadi sebuah menara.

Menyusun Menara
Pertama-tama kita harus susun dari bawah sampai keatas donk hehehe. Masa dari atas kebawah :-D (just kidding). Setiap level terdiri dari tiga balok dan setiap level harus berbeda-beda setiap warnanya. Jadi, setiap 1 level ada 3 balok dengan 3 warna yang berbeda (contoh 1 level ada warna merah, hijau, dan ungu). Susunlah seperti gambar di bawah ini: 

Arti Label
Pertama kita harus tahu dulu apa saja kegunaan dari setiap jenis balok. Sebab disetiap balok terdapat berbagai macam label. Ada yang berlabel angka dan juga ada yang berlabel Reverse, Skip, Draw 2, dan Wild. Ikuti dulu penjelasan di bawah ini.


  •  Wild : Balok ini Berwarna Ungu. Fungsi dari balok ini adalah untuk mengganti warna sesuai keinginan dari orang yang menarik balok ungu ini. Jika pemain menarik balok ungu ini maka pemain selanjutnya harus menarik balok sesuai warna yang diminta penarik balok ungu tersebut.
  • Reverse : Balok ini untuk memutar balik rotasi giliran pemain yang akan menarik balok. Label balok ini adalah 2 anak panah yang berlawanan arah (seperti pada gambar balok merah diatas). Jika rotasi permainan searah jarum jam dan salah satu pemain menarik balok reverse maka rotasi giliran pemain berbalik menjadi berlawanan arah jarum jam.
  • Draw 2 : Balok ini mengharuskan pemain selanjutnya untuk mengambil 2 balok. Label dari balok ini adalah 2 kartu (seperti pada gambar balok biru diatas). Jika pemain pertama mengambil balok Draw 2 berwarna Merah, maka pemain kedua harus mengambil 2 balok. Pertama harus sesuai warnanya (keadaan saat ini dikondisikan mengambil warna Merah) dengan balok pertama namun berbeda angka juga boleh, lalu balok kedua bebas namun harus sesuai dengan balok pertama boleh berwarna merah dan bebas angka berapa saja atau angka yang sama dan bebas warna. Boleh juga mengambil balok lain seperti reverse, wild, skip, dan draw 2.  Note : Jika pemain 1 mengambil balok Draw 2 lalu pemain 2 mengambil balok draw 2 juga, maka pemain 3 akan mengambil 4 balok. 
  • Skip : Balok ini berguna untuk menskip/melompati pemain selanjutnya. Jadi, pemain selanjutnya tidak akan mengambil balok jika pemain pertama mengambil balok Skip ini. Label dari balok ini adalah lingkaran dengan 1 garis miring didalam lingkarannya. Seperti tanda dilarang seperti rambu-rambu lalu lintas hehehe (seperti pada gambar balok hijau diatas). Jika pemain pertama mengambil balok skip maka pemain kedua tidak boleh bermain atau mengambil balok dan permainan dilanjutkan ke pemain ketiga yang mengambil balok selanjutnya.
  • Angka : Hampir semua warna disetiap balok pasti memiliki angka (kecuali balok ungu). Jika sebelumnya ada pernah bermain UNO Card pasti anda mengerti cara menarik balok ini. Tetapi jika anda tetap tidak mengerti maka saya akan memberitahu anda. Jadi, jika pemain pertama menarik balok berwarna Merah dengan label 4, maka pemain selanjutnya harus menarik balok berwarna Merah (berbeda label (boleh angka 1, 2, 3, 4, reverse, draw 2, atau skip)) atau mengambil balok lain dengan label angka 4 (berbeda warna atau berwarna sama, boleh biru, hijau, kuning, atau merah juga) atau boleh juga mengambil Balok Wild (balok Ungu).
Lazada Indonesia

 Cara Bermain
 Setelah mengerti label-label yang telah dijelaskan diatas sekarang bagaimana cara bermain dan aturan bermain? Ya, yang pertama kita harus menyusun balok-balok sampai jadi menara yang tersusun rapi. Lalu pemain pertama harus menambil balok pertama (terserah yang mana saja). Lalu pemain selanjutnya harus mengambil balok yang memiliki warna atau label yang sama dengan balok yang diambil pemain pertama. Jika saat pemain menarik balok atau saat meletakkan balok di atas menara dan menaranya roboh maka pemain tersebut dinyatakan kalah. Sebab dialah pelaku utama kehancuran dari hubungan rumah tangga kalian hehehe. Balok yang harus diambil adalah balok di tengah sampai kebawah. Balok di level 1, 2, dan 3 dari atas tidak boleh di ambil. Peraturan permainan mengambil balok tergantung dari kesepakatan seluruh pemain. Biasanya untuk pemula boleh bermain mengambil dengan  satu tangan dan memperbaiki posisi dari menara jika menaranya sudah mulai berantakan karena ditarik. Lalu untuk pemain yang sudah sangat ahli biasanya punya peraturan seperti menarik hanya dengan 2 jari, tidak boleh merapikan menara lagi, tidak boleh mengembalikan balok yang sempat di tarik keluar karena ingin mengganti dengan balok lain karena kesusahan menarik balok tersebut hahaha... Yang pasti having fun saja, kita bisa mengajak teman, keluarga, atau siapa saja untuk bermain dan having fun bersama.

Itu dia sekilas dari cara bermain, menyusun, dan arti dari label-label dari UNO Stacko tersebut. semoga bermanfaat. GBU

Tambahan nih kalo mau cari UNO Stacko murah dan bagus bisa langsung klik aja link di bawah di Lazada, produknya terjamin.

Hosting Unlimited Indonesia

Comments

  1. Bagaimana aturan ambil balok wild karena kan warnanya beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab.. pada saat pemain lawan mengambil balok draw 2. pemain berikutnya mengambil balok pertama sesuai warna pd balok draw. dan balok kedua bebas termasuk balok wild.

      Delete
  2. Kalau pemain ke-1 mengambil balok draw 2, bagaimana caranya pemain ke-2 juga mengambil balok draw 2? Bagaimana bisa pemain ke-3 mengambil 4 balok, kalau pemain ke-2 saja tidak bisa mengambil draw 2 karna sudah diambil oleh pemain pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpel aja... kan balok yg sudah diambil di letakkan kembali ke posisi atas, terus begitu sampai ada pemain yg menjatuhkan susunan baloknya yg di nyatakan kalah. selamat bermain ya.

      Delete
  3. Mohon penjelasanya secara detai cara mainya.

    ReplyDelete
  4. Mohon penjelasanya secara detai cara mainya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nama-nama Kartu Uno dan Cara Memainkan Kartu Uno! Wajib Tahu!!

Review Kelebihan dan Kekurangan Beserta Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 Pro